Pelatihan Kesiapan Kerja Tahap Pertama 2020

Galeri

news news

          Kerjaku.org kembali mengadakan pelatihan kesiapan kerja tahap I yang diikuti oleh 11 orang muda pada tanggal 15-16 Februari 2020 di Wisma Servatius, Ungaran.  Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan pendampingan orang muda agar siap memasuki dunia kerja baik wiraswasta maupun bekerja di perusahaan . Hal ini sangat penting bagi orang muda agar mereka dapat menyiapkan diri secara khusus dalam mengenal diri, pontensi diri, membongkar mental block, dan membuat perencanaan hidup secara pribadi.

          “Target YKKS memang assessment minat bakat sehingga anak dampingan dapat mengetahui minat dan bakatnya apakah usaha atau bekerja. Kegiatan pelatihan ini menargetkan minimal anak dampingan dapat melakukan magang, wawancara, dan akhirnya bisa bekerja” ujar Paulus, Pimpinan Proyeksi YKKS.

          Dalam pelatihan ini juga menghadirkan HRD Jateng sebagai recruiter di Perusahaan agar orang muda lebih bisa menggali informasi sedalam-dalamnya. Kegiatan pelatihan kesiapan kerja tahap I berjalan secara santai dan diselingi dengan berbagai games. Pada sesi diskusi malam hari diisi dengan pemutaran film motivasi tentang perjuangan orang yang mengalami kecelakaan kerja dan divonis mengalami cacat seumur hidup, dan perjuangannya untuk bangkit dan terus berkarya.

          Keesokan harinya pada tanggal 16 Februari kegiatan dimulai dengan olah raga bersama kemudian dilanjutkan dengan games membuat lingaran dengan posisi duduk dan tidak lepas satu dengan yang lain.  Game ini memberikan gambaran bahwa dalam dunia kerjasama harus saling  mendukung dan memberian yang  terbaik, serta kemampuan untuk memberikan keseimbagan bagi satu dengan yang lain. Games ini berkaitan dengan materi yang selanjutnya disampaikan oleh Ibu Sri Rejeki yaitu mengenai membangun kebiasaan jujur dan disiplin dalam dunia kerja, mulai dari hal hal kecil, setiap peserta diminta memuat komitment apa yang akan dilakukan jika nanti masuk dunia kerja.

          Materi selanjutnya mengenai kesuksesan yang diawali dari kebahagiaan diri. Bapak Hadi sebagai pengisi materi menjelaskan bahwa kebahagiaan akan berujung kepada kesuksesan. Jiwa yang bahagia terbukti akan lebih kreatif, lebih tangguh daya tahan mentalnya, dan lebih sehat tubuhnya. Faktor yang dapat menurunkan kebahagiaan seseorang adalah negative thinking. Itulah mengapa negative thinking harus ditinggalkan. Meninggalkan negative thinking akan menghasilkan sesuatu yang kreatif dengan memanfaatkan situasi kesulitan sehari-hari. Meninggalkan negative thinking bisa juga dengan cara menghargai setiap keindahan yang membuat bahagia.

          Pak Hadi juga menyampaikan materi mengenai daya juang. Faktor-faktor yang mempengaruhi daya juang diantaranya adalah daya saing, produktivitas, motivasi, mengambil resiko, perbaikan, ketekunan, dan belajar.

          “Orang yang memiliki daya juang akan fokus pada tujuan dan tidak mudah terpengaruh dengan keinginan orang lain, juga lingkungan sekitarnya. Ia akan fokus menggapai tujuannya tanpa memperdulikan pengaruh buruk yang datang dari sekitanya” ujar Pak Hadi.


Berikan Komentarmu